Sunday, 2024-05-19, 9:41 AM
Welcome, Guest
Main » 2010 » June » 8 » Workshop Pembuatan Bahan Ajar Berbasis ICT ke II MGMP Fisika SMA Se Kota Surabaya
5:13 PM
Workshop Pembuatan Bahan Ajar Berbasis ICT ke II MGMP Fisika SMA Se Kota Surabaya
SURABAYA - Guru-guru Fisika SMA baik sekolah negeri maupun sekolah swasta sekodya Surabaya, setiap bulannya selalu mengadakan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang diadakan setiap hari Sabtu. Untuk kali ini Kegiatan dilaksanakan di IBMT ( Ilmu Bisnis Manajemen & Teknologi), yaitu sebuah perguruan tinggi di Surabaya yang fokusnya di bidang bisnis manajemen yang telah diakui baik secara nasional maupun Internasional.



Kami guru-guru sangat bersyukur telah di beri fasilitas yang memadai di Kampus IBMT. Ruangan ber AC yang dilengkai WIFI area, dengan kecepatan tinggi. Kegiatan dilaksanakan pada  hari Sabtu tanggal 22 Mei 2010 Seluruh pengurus MGMP hadir, dengan peserta jumlah peserta 40 Orang. 60 % berasal dari guru-guru Fisika SMA Swasta, sedangkan 40 % dari guru-guru Fisika SMA Negeri.




Pada saat mengikuti Workshop ,kami tidak menyangka teman-teman guru sudah familiar dengan ICT mereka semua. membawa laptop sendiri-diri, termasuk koneksi  internet dengan WIFI. Yang paling mengembirakan dan salut kepada teman-teman pengurus MGMP, ternyata yang menjadi nara sumber dari teman sendiri Guru Fisika yang mahir ICT. Bu Neny, ibu guru yang satu ini orangnya cantik, muda, pintar , sangat mahir dan mengerti bahasa programmer, termasuk nama-nama  berbagai software sebagai penunjang bahan ajar Fisika berbasis ICT.



Tidak banyak teori yang dijelaskan, hanya prinsip dasar untuk pembuatan bahan ajar berbasis ICT dengan menggunakan Power Point, yaitu menampilkan file multimedia (file picture(jpeg, gif), file flash (swf), file movie (mpeg,flv, mov), file audio, file applet) dalam powerpoint yang diberi komentar dapat berupa pertayaan atau  pernyataan. File multimedia tersebut sumber utamanya disediakan tanpa batas dari perpustakaan digital dunia maya yaitu Internet. Guru tinggal mendownload file-file multimedia tersebut kemudian menyisipkannya ke dalalm powerpoint. Bila File multimedia tidak support/compatible dengan powerpoint maka digunakan software pendukung Xilisoft Video Converter untuk mengconvert file-file multimedia tersebut sehingga compatible dengan powerpoint. Untuk mendownload file-file multimedia tersebut digunakan browser Mozilla Fire Fox dengan add ons Embedded Objects. Ternyata selama ini Power Point yang biasa kami gunakan sebagai presentasi pembelajaran dikelas, hanya standar saja tidak ada  variasi lainnya.

Kami langsung latihan bagaimana cara membuat media ‘Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan atau dengan istilah ‘PAKEM’. Pertama-tama yang kami lakukan adalah menginstal software yang akan menjadi dasar pembuatan media. Software-software pendukung tersebut bisa di download dari internet secara gratis. Selain software pendukung pembuatan media, disarankan kita juga mendownload software anti virus yang up to date, untuk memproteksi komputer kita sehingga kita bekerja tidak terganggu. Kemudian kami latihan bagaimana mendownload file-file multimedia di Internet. Agar bahan ajar berbasis ICT yang dihasilkan menarik dengan ukuran file yang kecil serta meminimalis copy paste hasil karya/plagiat maka di akhir latihan kami diajarkan mengubah file powerpoint menjadi file flash dengan bantuan software Ispring Free. Setiap tahapan latihan kami oleh nara sumber dibantu oleh teman-teman yang sudah familiar dengan ICT, sehingga kami bisa mengikuti dengan jelas, dan akhirnya bahan ajar berbasis ICT bisa dibuat, walau belum sempurna.

Ternyata dengan mengikuti workshop ini pembuatan presentasi pembelajaran menjadi lebih variatif dan hidup, karena dilengkapi dengan file-file multimedia. Workshop diakhiri pukul 16. 00 Sore, dengan isoma 1 jam. Selama kurang lebih 7 jam mengikuti latihan, waktu tidak terasa cepat berlalu. Antusias para peserta sangat tinggi dalam mengikuti workshop ini. Untuk pembuatan bahan ajar berbasis ICT, kami perlu latihan terus-menerus  secara kontinyu.

Disarikan dari : Bu Tien
Views: 1031 | Added by: mgmpfis | Rating: 0.0/0
Total comments: 1
1 Heru Suprapto  
0
wah webnya benar-benar hebat dan bagus kami berharap ada pelatihan pembuatan web supaya pembelajaran dikelas lebih yahood dan menarik apalagi disajikan dengan materi yang menarik dengan flash . ayo kapan dong dilaksanakan ok kami tunggu kabarnya

Name *:
Email *:
Code *: