Pembelajaran berbasis ICT
adalah pembelajaran yang berasaskan konsep pembelajaran computer dan
multimedia. Pendidikan berbasis ICT (Information
Communication Technology) saat ini sudah berkembang pesat di
berbagai daerah. Kebutuhan akan berbagai media interaktf semakin
dirasakan, mengingat kondisi perkembangan teknologi informasi (TI)
semakin berkembang pesat. Dalam dunia pendidikan misalnya, siswa mulai
pra-sekolah, SD, SMP, SMA dan SMK dituntut mengenal TI sejak dini.
Untuk mewujudkan sekolah dengan berbasis ICT tentunya diperlukan sarana prasarana yang menunjang. Tanpa sarana dan prasarana yang baik maka pembelajaran tidak akan sulit berjalan dengan sempurna. Sarana prasarana sekolah berbasis ... Read more » |
Pengembangan ICT dalam Pembelajaran di SMA
A. Mengapa Menggunakan ICT ? Proses belajar mengajar (PBM) seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan di luar pengalaman siswa sehari-hari, sehingga materi ini menjadi sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak. Gambar dua dimensi atau model tiga dimensi adalah visualisasi yang sering dilakukan dalam PBM. Pada era informatika visualisasi berkembang dalam bentuk gambar bergerak (animasi) yang dapat ditambahkan suara (audio). Sajian audio visual atau lebih dikenal dengan sebutan multimedia menjadikan visualisasi lebih menarik. ICT dalam hal ini komputer dengan dukungan multimedia dapat menyajikan sebuah tampilan berupa teks nonsekuensial, nonlinear, dan multidimensional dengan percabangan tautan dan simpul secara interaktif. Tampilan tersebut akan membuat pengguna (user) lebih leluasa memilih, mensintesa, dan mengelab ... Read more » |