Sunday, 2024-11-24, 10:08 AM
Welcome, Guest
Main » Seputar Pendidikan

elearningSetelah pulang dari pelatihan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran, tampaknya Pak Ali semakin semangat menggunakan laptop di dalam kelas. Hampir semua materi dia sampaikan menggunakan senjata barunya, laptop dan projector. Tidak henti-hentinya pak Ali menekan tombol next dan dengan semangat menjelaskan dari slide satu ke slide yang lain. Matanya sekali-kali melirik layar bergantian dengan pandangannya kepada murid-muridnya. Setelah itu pak Ali memberikan alamat link untuk pembelajaran lanjutan agar murid-muridnya dapat menggali lebih banyak tentang materi yang disampaikan.

Pak Ali diberitahukan oleh pelatih pada saat pelatihan bahwa ... Read more »

Category: Seputar Pendidikan | Views: 721 | Added by: mgmpfis | Date: 2011-05-01 | Comments (1)

Istilah blog tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pada mulanya, sebagian besar orang menggunakan blog sebagai sarana untuk menulis catatan harian, sebagai pengganti buku harian atau diary. Namun, dewasa ini fungsi blog tidak melulu sebagai sarana untuk mencurahkan isi hati (curhat, red.).

Semakin banyak orang yang menggunakan blog untuk bertukar informasi, menampilkan hasil karya, seperti karya tulis, foto, gambar, video, dan masih banyak lagi. Menanggapi perkembangan ini, tidak sedikit lembaga pendidikan, termasuk sekolah; dan para pendidik yang menggunakan blog sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai informasi seputar pendidikan, atau bahkan menggunakannya sebagai alat bantu pembelajaran. Hal ini juga didukung oleh format blog yang cukup sederhana dan mudah digun ... Read more »

Category: Seputar Pendidikan | Views: 964 | Added by: mgmpfis | Date: 2011-05-01 | Comments (1)

A. Latar belakang

Ada kecendrungan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan memgetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi menggingat jangka pendek tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang

Pendekatan kontektual (Contextual Teaching and Learning /CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai ang ... Read more »

Category: Seputar Pendidikan | Views: 1269 | Added by: mgmpfis | Date: 2010-10-21 | Comments (2)

A.      Pengertian Multimedia Pembelajaran

Untuk memahami konsep multimedia pembelajaran, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian multimedia dan pembelajaran. Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi. Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: < ... Read more »

Category: Seputar Pendidikan | Views: 745 | Added by: mgmpfis | Date: 2010-06-09 | Comments (0)

Pembelajaran berbasis ICT adalah pembelajaran yang berasaskan konsep pembelajaran computer dan multimedia. Pendidikan berbasis ICT (Information Communication Technology) saat ini sudah berkembang pesat di berbagai daerah. Kebutuhan akan berbagai media interaktf semakin dirasakan, mengingat kondisi perkembangan teknologi informasi (TI) semakin berkembang pesat. Dalam dunia pendidikan misalnya, siswa mulai pra-sekolah, SD, SMP, SMA dan SMK dituntut mengenal TI sejak dini.

Untuk mewujudkan sekolah dengan berbasis ICT tentunya diperlukan sarana prasarana yang menunjang. Tanpa sarana dan prasarana yang baik maka pembelajaran tidak akan sulit berjalan dengan sempurna. Sarana prasarana sekolah berbasis ... Read more »
Category: Seputar Pendidikan | Views: 1131 | Added by: mgmpfis | Date: 2010-06-07 | Comments (1)

Pengembangan ICT dalam Pembelajaran di SMA

A. Mengapa Menggunakan ICT ?

Proses belajar mengajar (PBM) seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan di luar pengalaman siswa sehari-hari, sehingga materi ini menjadi sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak.
Gambar dua dimensi atau model tiga dimensi adalah visualisasi yang sering dilakukan dalam PBM. Pada era informatika visualisasi berkembang dalam bentuk gambar bergerak (animasi) yang dapat ditambahkan suara (audio). Sajian audio visual atau lebih dikenal dengan sebutan multimedia menjadikan visualisasi lebih menarik.
ICT dalam hal ini komputer dengan dukungan multimedia dapat menyajikan sebuah tampilan berupa teks nonsekuensial, nonlinear, dan multidimensional dengan percabangan tautan dan simpul secara interaktif. Tampilan tersebut akan membuat pengguna (user) lebih leluasa memilih, mensintesa, dan mengelab ... Read more »
Category: Seputar Pendidikan | Views: 1024 | Added by: mgmpfis | Date: 2010-06-07 | Comments (5)